Banner

zzz

Senin, 08 Agustus 2011

Sienna dan Sierra Bernal, Si Kembar yang Tidak Kembar Karena Salah Satunya Mengidap Penyakit kerdil

Sienna dan Sierra Bernal adalah kembar dari Texas yang memiliki rambut pirang panjang, senang belanja dan senang berakting serta menyanyi. Tapi persamaannya terhenti di situ karena salah satunya memiliki gangguan dwarfisme (bertubuh kecil). Si kembar ini punya tubuh yang berbeda jauh karena satu normal satu kerdil.

Sierra memiliki tinggi 152 cm dan berat badan 35,1 kg, sedangkan Sienna atau akrab dipanggil Sinny memiliki tubuh lebih pendek yaitu bertinggi badan 121 cm dan berat badan 12,6 kg. Kondisi ini menjadikannya satu-satunya kembar di dunia yang mana salah satunya mengalami primordial dwarfism (gangguan pertumbuhan yang membuatnya bertumbuh pendek).

Bahkan selama kehamilan, tubuh Sinny di dalam rahim begitu kecil sehingga dokter tidak mengetahui kalau kehamilan Chrissy (ibunda si kembar) adalah kembar hingga usia kehamilan 6 bulan, Chrissy pun melahirkan sebulan kemudian (usia kehamilan 7 bulan).

Saat dilahirkan berat badan Sinny hanya 0,45 kg lebih kecil dibanding Sierra, tapi ia memiliki sejumlah masalah kesehatan lainnya, yaitu sebuah lubang di jantung, adanya bagian otak yang hilang (dikenal dengan sindrom Dandy Walker) dan penyakit paru kronis. Sedangkan Sierra lahir dengan kondisi tubuh yang sehat.

Masalah kesehatan yang dimiliki oleh Sinny sejak lahir tidak memberikan petunjuk bahwa ia akan memiliki primordial dwarfism. Dan keluarga diberi diagnosis tersebut saat usia Sinny belum genap 6 tahun.

“Kami pergi ke ahli genetika dan pada saat itu lebih dari 1 dokter yang kami temui, setelah melalui beberapa tes barulah ia didiagnosis sebagai primordial dwarfism,” ujar Chrissy, seperti dikutip dariFoxNews, Jumat 24/6/2011).

Seseorang yang memiliki primordial dwarfism biasanya mencapai tinggi badan maksimum sekitar usia 12 tahun, sehingga ada kemungkinan Sinny tidak bisa tumbuh lebih tinggi lagi. Selain itu kondisi ini sering disertai dengan masalah pada tulang, gigi, mata atau pencernaan.

Ketika berusia beberapa bulan jantung Sinny mulai diperbaiki, ia harus menggunakan kacamata, dan beberapa waktu kemudian ia menggunakan alat bantu dengar karena tulang-tulang di telinganya terlalu kecil. Tapi ia tetap memiliki senyum dan rasa humor yang tinggi.

Berdasarkan data dari Potentials Foundation diperkirakan orang yang memiliki primordial dwarfism di seluruh dunia kurang dari 200 orang. Saat ini ada 5 jenis primordial dwarfism.

Tapi dokter percaya bahwa tipe yang dimiliki oleh Sinny belum diidentifikasi. Ahli genetik dari Scottish Rite Hospital di Dallas, Texas sedang mempelajari gen yang dimiliki Sinny dan berharap bisa menemukan lokasi mutasi gen yang terjadi dan mengetahui jenisnya.

Sierra sendiri telah menjadi pelindung bagi adiknya, terutama jika ada orang yang berkomentar tidak mengenakkan mengenai Sinny. Kondisi ini membuat Sienna tumbuh lebih cepat dari yang seharusnya.

“Saya cukup mudah melihat siapa teman sejati saya, jika Anda tidak menyukai Sinny karena ia berbeda maka Anda tidak akan bisa mendapatkan saya juga sebagai teman,” ujar Sierra.

berikut foto-foto mereka:

source

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

ayo tinggalkan komentar mu :D

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management