Banner

zzz

Rabu, 10 Agustus 2011

Derinkuyu Kota Bawah Tanah Turki

Terheran heran di Derinkuyu Turki
DERINKUYU disebutkan sebagai kota bawah tanah terbesar di Turki. Tempat terdiri dari 11 lantai dengan kedalaman 85m, dan bisa menampung 35.000 hingga 50.000 orang lengkap dengan segala kebutuhan hidup mereka.

Kota bawah tanah ini merupakan bagian dari beberapa komplek bawah tanah lainnya yang terdapat di Cappadocia. Lokasi antara komplek satu dan lainnya berjarak bermil-mil.

Pada 1969, Derinkuyu dibuka untuk umum dan kala itu hanya 10 % dari kawasannya yang bisa diakses oleh wisatawan. Uniknya, kota bawah tanah ini bisa ditutup dari dalam menggunakan pintu sebuah batu berukuran besar. Tingginya 1-1,5m dengan lebar 30-50cm dan berat mencapai 200-500 kg.

Dilantai dua terdapat sebuah ruangan berukuran luas dengan atap berbentuk kubah. Ruangan ini dulunya digunakan sebagai sebuah sekolah keagamaan. Diantara lantai tiga dan empat terdapat suatu tangga mengarah ke sebuah gereja yang berlokasi di lantai terbawah.

Sebelum dijadikan sebagai objek wisata, Derinkuyu dulunya merupakan sebuah tempat persembunyian bagi para umat Kristen yang melarikan diri dari orang-orang yang memburu mereka. Selain digunakan sebagai tempat perlindungan saat mereka mendapat serangan dari warga Arab, tempat ini juga difungsikan sebagai tempat untuk kegiatan keagamaan.

Khawatir atas ancaman bahaya yang mungkin dilakukan para umat Kristen dari bawah tanah, para penyerang Arab mencoba membuat mereka untuk meninggalkan tempat tersebut dengan cara meracuni sumber-sumber air di kawasan Derinkuyu.

source: http://www.mediaindonesia.com

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

ayo tinggalkan komentar mu :D

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management