Banner

zzz

Jumat, 24 Juni 2011

Data Center Dalam Facebook [pict]

Jaman sekarang sulit ditemui anak muda yang tidak pakai Facebook, saya yakin anda juga punya kan? Apa aktifitas anda setiap hari dengan FB? update status, upload foto, bikin notes, atau sekedar colek-colek dan kasih jempol? namun tahukah anda kemana semua data tersebut oleh Facebook simpan? Well kebanyakan data anda akan masuk ke data center Facebook. Nah berhubung Facebook sedang membangun Data Center baru di Prineville Oregon tidak ada salahnya dong kita melihat-melihat data center mereka sebentar.



Bangunan seluas 147,000 kaki persegi akan membantu beban server FB sampai setengah persen; asal tahu saja FB memproses upload foto baru sebanyak 100 juta tiap hari.



Untuk menangani 500 juta pengguna dan 18000 komen perhari tentu bukan pekerjaan yang mudah, perlu hardware yang mumpuni juga.


Insinyur Facebook mendesain server dari awal, komponen seperti diatas dapat dengan mudah dipasangkan ke tiap-tiap rak, sesuai kebutuhan




Kabinet biru di tengah-tengah foto ini adalah baterai yang akan memberikan kekuatan sampai satu setengah menit untuk tiga rak komputer sebelahnya jika tenaga listrik gagal-waktu tersebut cukup sampai generator utama menyala. Kebanyakan pusat data memiliki ruang khusus dikemas dengan baterai yang cukup untuk seluruh bangunan. Banyak yang menggunakan kemasan baterai yang lebih kecil seperti yang satu ini menghemat energi karena mereka dapat berbagi sambungan listrik dari komputer di sekitar mereka.


Terletak di lantai 2, ini adalah ventilasi udara, udara masuk dari kiri ke kanan, disebelah kanan inilah udara disaring.


Penyemprot membasahi busa berbentuk penghalang. Udara yang melewatinya didinginkan dengan penguapan air.


Kipas membuang udara panas dari komputer dibawah, udara panas dibuang keluar fasilitas, namun sisanya digunakan menghangatkan kantor, cerdas juga.

source:

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

ayo tinggalkan komentar mu :D

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management