Banner

zzz

Kamis, 26 Mei 2011

Kembar Siam Dua Kepala Lahir di China

VIVAnews - Seorang wanita melahirkan bayi kembar perempuan yang sangat langka. Si kembar memiliki dua kepala, satu tubuh, dua lengan dan dua kaki.

undefined

Kembar Siam di kota Suining Provinsi Sichuan, China (www.dailymail.co.uk)


Pernyataan resmi pemerintah setempat, bayi siam lahir melalui operasi caesar pekan lalu di kota Suining Provinsi Sichuan, China.

Dikutip dari Daily Mail, paramedis mendeteksi kedua bayi menderita kondisi yang dikenal sebagai parapagus dicephalic. Yakni, hanya satu tubuh yang berkembang. Karena berbagi tubuh yang sama, dokter tidak mungkin melakukan operasi pemisahan kembar siam. Tidak disebutkan apakah kedua bayi ini memiliki organ dalam yang mampu menghidupi keduanya atau tidak. Kedua bayi mungil berusia sepekan ini pun belum diberi nama.

Kelahiran kembar siam parapagus dicephalic, terjadi akibat sel telur yang dibuahi gagal membagi sempurna. Kasus ini sangat jarang terjadi. Kejadian terbanyak terdapat di kawasan barat daya Asia dan Afrika.

Dari data kesehatan medis, kejadian kembar siam sangat jarang terjadi, hanya satu diantara 100 ribu kelahiran. Sedangkan bentuk parapagus dicephalic hampir tidak pernah terdengar.

Namun, kejadian kembar siam parapagus dicephalic terekam di Amerika Serikat. Pada Juli 2009, Lisa Chamberlain, warga Portsmouth, melahirkan kembar Yosua dan Jayden, yang berbagi satu tubuh. Bayi Joshua lahir dalam keadaan meninggal. Sementara saudaranya, Jayden, hidup selama 32 menit sebelum meninggal dalam pelukan ibunya.

Sementara kembar parapagus dicephalic lainnya yang hidup hingga dewasa, Abigail dan Brittany Hensel berubah menjadi selebriti dunia. Si kembar, 21, asal Minnesota ini muncul di salah satu acara talkshow dan sebuah film dokumenter mengenai kehidupan mereka. Namanya pun langsung melejit.

Abby-Brit berbagi satu tubuh normal, dengan organ internal dua kali lipat. Keduanya mampu makan dan menulis secara terpisah dan bersamaan. Meski begitu, kegiatan seperti berjalan kaki dan mengendarai mobil harus terkoordinasi satu sama lain. (eh)

• VIVAnews
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

ayo tinggalkan komentar mu :D

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management