Banner

zzz

Rabu, 09 Februari 2011

4 Kesalahan yang Sering Dirasakan Saat Insomnia

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Saat tidak bisa tidur, pasti sulit untuk mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan pada waktu dini hari dan bagaimana cara memperbaikinya. Melihat jam terus menerus dan duduk di cahaya terang, sebaiknya tidak dilakukan.

Seperti yang dikutip dari Health, ada beberapa kesalahan yang biasanya Anda lakukan dan cara memperbaikinya. Berikut empat kesalahan tersebut.

1.Melihat jam dinding terus menerus
Sebaiknya hindari melihat jam saat mengalami insomnia dengan menaruh jam di tempat tersembunyi. Terus menerus melihat jam hanya akan membuat Anda berpikir "lebih baik tidak usah tidur saja sekalian".

2. Berdiam diri di tempat tidur lebih dari 15 menit
Jika Anda sulit tidur, sebaiknya tinggalkan kamar tidur Anda dan lakukan sesuatu hal yang menenangkan seperti membaca buku atau menonton acara televisi yang membosankan di sofa yang nyaman. Sangatlah penting mengingatkan otak Anda bahwa tempat tidur adalah tempat untuk tidur bukan untuk tetap terjaga semalaman.

3. Duduk di bawah cahaya terang
Duduk dibawah cahaya terang saat terbangun akan mengganggu produksi hormon melatonin yangmengatur rasa kantuk di dalam otak Anda. Jika ingin membaca, sebaiknya nyalakan lampu baca atau nyalakan saja televisi dan biarkan hanya cahaya dari televisi yang menerangi Anda.

4. Melakukan hal yang berat
Anda berpikir bahwa dengan membaca buku politik atau merapikan data dalam komputer akan menimbulkan rasa kantuk. Anda salah, hal tersebut hanya akan membuat pikiran Anda tetap bekerja dan wasada. Sebaiknya lakukan sesuatu hal yang membuat otak beristirahat tapi mampu menghabiskan waktu, seperti merajut, membaca buku bertema ringan atau menonton acara televisi yang membosankan.

source: http://www.wolipop.com/read/2011/02/04/175939/1560441/857/4-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-insomnia
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

ayo tinggalkan komentar mu :D

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management